Berbagi Informasi Tentang Berita Terbaru, Gadget, Komputer, Fotografi, Kesehatan, Lowongan Kerja, Travelling dan Tips

Jumat, 20 November 2015

Cara Alami dan Ampuh Mengobati Radang Tenggorokan

Blog Mas Alfin. Apakah anda pernah mengalami radang tenggorokan? Jika ia, radang ini sangat menggangu aktifitas kita. Apa yang ingin kita lakukan terasa tidak bergairah, apalagi ketika kita ingin makan dan minum. Ketika kita mengalami radang tenggorokan, jangan menganggap sepele penyakit ini., karena bila kita biarkan bisa berakibat fatal. Namun jika anda ingin mengobatinya, jangan buru-buru ke dokter, anda bisa mencoba beberapa cara alami untuk menghilangkan sakit tenggorokan tersebut. Nah, Berikut adalah beberapa cara yang efektif untuk mengobati gejala sakit tenggorokan.
 

Cara Alami dan Ampuh Mengobati Radang Tenggorokan


1. Perbanyak istirahat.
Istirahat adalah salah satu cara untuk memulihkan dari penyakit apapun. Dengan istirahat akan memulihkan kesegaran tubuh kita. Para ahli kesehatan menyarankan untuk memperbanyak istirahat ketika kita sedang sakit.

2. Minum lebih banyak cairan
Minum Jus jeruk, air, teh herbal dan setiap cairan lain yang Anda sukai akan sangat bermanfaat bagi Anda ketika mengalami sakit ini. Minum cairan yang cukup juga akan membantu tenggorokan kita tidak kering. Namun ada yang perlu anda hindari yaitu kafein dan alkohol.

3. Air garam
Air asin mungkin salah satu yang terbaik dan paling efektif sebagai obat kumur ketika sakit tenggorokan. Air garam hangat dapat membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi tenggorokan. Satu gelas air hangat dengan setengah sendok teh garam dapat membantu  dalam mengurangi pembengkakan.

4. Madu
Madu merupakan salah satu obat yang paling sering digunakan untuk sakit tenggorokan dan juga untuk penyakit-penyakit lainnya. Anda bisa mencampurnya dengan teh atau hanya madunya saja. Khasiat madu untuk  mengobati sakit tenggorokan dan batuk telah dibuktikan oleh beberapa studi penelitian.

5. Permen
Peppermint sangat populer untuk nafas segar dan juga sangat efektif sebagai pengobatan alami untuk sakit tenggorokan. Mentol  yang ditemukan di peppermint dapat membantu dalam penipisan lendir dan mengurangi batuk serta sakit tenggorokan. Sifat antibakteri dan antivirus dari peppermint juga membantu proses penyembuhan.

6. Cuka Sari Apel
Meskipun rasanya tidak terlalu enak, cuka sari apel sangat efektif untuk digunakan jika Anda merasakan gejala sakit tenggorokan datang. Tingginya tingkat keasaman cuka sari apel sangat efisien  untuk membunuh bakteri. Campurkan satu sendok makan cuka sari apel ke segelas air hangat dan satu sendok makan madu. Jika Anda tidak mau meminumnya, gunakan saja untuk berkumur.

7. Bawang putih
Bawang putih dikenal karena khasiatnya untuk mengobati sakit tenggorokan. Senyawa allicin yang ditemukan dalam bawang putih dapat membunuh bakteri penyebab radang dan menyingkirkan kuman yang menyebabkan rasa sakit dan iritasi.

8. Jahe
Jahe adalah pereda nyeri alami dan anti bakteri  yang berkhasiat mengobati infeksi radang tenggorokan dan juga untuk mengendalikan rasa sakit dan peradangan. Jahe meningkatkan sirkulasi darah ke daerah tersebut dan mempercepat proses penyembuhan. Jahe juga akan menutupi rasa sakit yang terkait dengan radang tenggorokan.

9. Cengkeh
Cengkeh sejak jaman dahulu telah banyak digunakan untuk sakit gigi, cengkeh juga sangat efektif sebagai obat untuk infeksi tenggorokan. Cengkeh adalah pembunuh rasa sakit karena zat eugenol yang ditemukan di dalamnya.

10. Hindari susu
Meskipun susu hangat mungkin terasa enak  untuk sakit tenggorokan Anda, namun lebih baik untuk dihindari, sementara tenggorokan Anda sedang terinfeksi.

Ada beberapa solusi lain yang mungkin untuk mengatasi sakit tenggorokan yang dapat Anda jelajahi selain yang dibahas dalam artikel ini. Dengan mencoba beberapa cara tradisional mengobati radang tenggorokan seperti diatas, siapa tahu dapat mengurangi atau menyembuhkan radang tenggorokan anda, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.Untuk informasi masalah kesehatan lainnya, silahkan lihat disini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Alami dan Ampuh Mengobati Radang Tenggorokan